Sejarah Berdirinya PAUD di Indonesia

Disusun oleh Damayani,M


Kehadiran PAUD di Indonesia dimulai sejak sebelum kemerdekan. Pada masa itu setidaknya dapat ditelusuri melalui 2 periode yaitu pada masa Pergerakan Nasional penjajahan Belanda (1908-1941) dan masa penjajahan jepang (1942-1945). Namun keberadaan PAUD di indonesia tidak lepas dari perkembangan PAUD di Dunia Internasional.

          Pada tahun 1840 Friedrich Wilhem August Frobel mendirikan Kindergarten di kota Blankerburg Jerman pelopor pendidikan anak usia dini di dunia. Di Italia seorang dokter bernama Maria Montessori mendirikan PAUD di pemukiman kumuh San Lorenzo pada tahun 1907 yang diberi nama Casa De Bambini yang artinya rumah untuk perawatan anak yang akhirnya dikenal dengan Rumah Anak.
Di Indonesia sendiri berawal dari pemerintahan Hindia Belanda yang membawa konsep ini dan mendirikan Frobel School bagi anak –anaknya. Seiring dengan kebangkitan Nasional yang diawali berdirinya pergerakan pemuda Budi Utomo, kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi kaum bumi putera semakin dirasakan.

  Pada tahun 1919 Persatuan Wanita Aisyiyah mendirikan taman kanak -kanak yang diseragamkan namanya menjadi TK Aisyiyah Bustanul Athfal yang pertama DI Yogyakarta yang dipelopori oleh Nyai Ahmad Dahlan (Nyai Siti Walidah). Kurikulum dan materi pendidikannya menanamkan sikap nasionalisme dan nilai-nilai ajaran agama. Bustanul Athfal ditujukan untuk merespon popularitas lembaga PAUD yang berorientasi Eropa.
          Pada tahun 1922 KI Hajar Dewantara sepulang di asingkan dari Belanda selama 2 tahun (1913-1915), mendirikan Taman Lare/ Taman     Anak/ Kindertuin yang akhirnya berkembang menjadi Taman Indira.
           Seiring perkembangan jaman dan kebutuhan akan Pendidikan Anak Usia Dini sekarang banyak lembaga – lembaga PAUD yang bermunculan dengan menawarkan keunggulan dan fasilitasnya masing – masing.

-----------------------------
Sumber :
Sujiono,Yuliani Nurani.2009.Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta:PT.Indeks.Permata Puri Media.
https://www.paud.id/2015/03/sejarah-paud-di-indonesia-dan-perkembangan-asal-usul-paud.html. diambil tanggal 12 desember 2017
https://id.wikipedia.org/wiki/%27Aisyiyah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu Hymne HIMPAUDI

MARS PAUD

Developmentally Appropriate Practice (DAP)