Teori Perkembangan Menurut Jean Piaget
Disusun oleh Damayani,M J ean Piaget (1896 – 1980) adalah salah satu tokoh psikologi perkembangan yang paling berpengaruh pada abad 20. Tahap perkembangan kognitifnya merevolusi pandangan kita tentang pikiran dan belajar anak – anak serta menginspirasi lebih banyak penelitian dibandingkan seluruh psikolog perkembangan lainnya. Piaget pada awalnya tertarik pada karakteristik pengetahuan dan bagaimana pengetahuan dapat dipandang sebagai bentuk adaptasi lingkungan yang disebut “Epistimologi Genetik”. Piaget berpendapat bahwa : Anak memiliki peran aktif dalam perkembangan mereka sendiri. Ada 4 tahapan perkembangan kognitif dan pikiran secara kualitatif berbeda pada setiap tahap. Anak membangun pengetahuannya sendiri karena mereka memiliki begitu banyak gagasan yang sesungguhnya tidak pernah diajarkan kepada mereka. Pengetahuan pada dasarnya dibangun oleh anak melalui interaksi dengan lingkungannya. Pada dasarnya paham konstruktivis mempunyai